Catatan Free Latihan

Masalah dalam Hidup, Buah Tangan Kita Sendiri




Wednesday, 14 May 2014
Tips menyelesaikan masalah
Setiap masalah dalam hidup, sebagian besar disebabkan oleh diri kita sendiri. Oleh sebab itu,
 kita sendirilah yang mampu dan harus menyelesaikan masalah tersebut
Pernahkah kita menyadari, berbagai permasalahan yang kerap terjadi pada diri kita, merupakan buah dari tangan kita sendiri. Tetapi, sebagian besar dari kita adalah pengecut dan tidak mengakuinya. Tidak siap dan tidak berani menyelesaikannya.

Tidak percaya? Mengapa kita tidak lulus ujian, mengapa kita dimusuhi orang, mengapa kita bodoh, mengapa kita tidak dapat kerja, mengapa kita tidak ada pacar, mengapa kita masuk penjara, dan lain-lain. Hanya 1 persen sebab akibat yang dilakukan oleh orang lain, sedangkan 99 persen adalah karena ulah kita sendiri.

Oleh sebab ulah kita sendiri, mungkinkah orang lain yang menyelesaikannya? Tentu tidak mungkin. Ibarat orang yang sedang sakit, untuk dapat sembuh tentu kita harus berobat, istirahat dan minum obat. Apakah mungkin untuk menyembuhkan penyakit kita, orang lain yang minum obat. Hal yang mustahil terjadi.

Begitu juga saat kita berjalan lalu tiba-tiba kesasar tanpa tentu arah. Kita pasti akan mendatangi orang lain dan bertanya jalan yang benar untuk tujuan kita. Orang yang kita tanya umumnya, 99 persen, akan menunjukkan arah dan jalan. mereka tidak mengantar kita mencari lokasi atau tujuan kita. Karena mereka hanya “solusi” bukan penyelesai masalah kita. Setelah mendapat petunjuk, tentu kita sendiri yang harus berjalan sesuai arahan sehingga tidak lagi tersesat. Sedangkan orang yang memberi solusi, mereka tidak perlu ikut dengan kita, karena mereka dalam posisi tidak kesasar (bermasalah).

Lalu bagaimana masalah itu hilang dan tidak lagi menjadi beban dalam hidup. Selesaikanlah. Menjadi dewasa dengan diri sendiri, semua pilihan hidup ada resiko, tidak ada yang tanpa resiko. Hadapi dan selesaikan agar semua masalah selesai. Masalah hanya selesai bila kita menyelesaikannya. Jika tidak, maka masalah tidak akan pernah pergi dari diri kita. Hilangkan rasa malu, karena orang lain tidak pernah mengingat masalah kita jika telah diselesaikan.

Orang-orang yang tidak senang, hanya akan mampu mencibir dalam sesaat. Tidak mungkin mereka akan mencibir dan mentertawakan kita setiap hari, setiap minggu, sepanjang tahun dan seumur hidupnya. Kita hanya butuh waktu sebentar untuk menahan malu karena kesalahan.

Kegagalan akan menjadi pelajaran dan obat bagi diri kita untuk menjalani hidup yang lebih baik.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Community Blog

Serba Gratis | Pelatihan Menulis | Wallpaper | Tutorial | Link | Catatan

Copyright © 2010-2014 • Free Latihan • All rights reserved